Jendela Informasi Wanita Masa Kini

4 Masalah Seks Wanita Yang Sering Di Alami dan Perlu Segera Ditangani

4 Masalah Seks Wanita Yang Sering Di Alami dan Perlu Segera Ditangani

Masalah Seks Wanita – Atau sering disebut dengan disfungsi seksual merupakan gangguan fungsi seks yang dialami oleh wanita. Sesuai dengan komponen fungsi seksual yang ada, maka masalah seks bukanlah hanya satu jenis gangguan. Oleh karena itu, kami duniakewanitaan.com akan memberikan 4 masalah seks yang sering dialami oleh wanita yang perlu segera ditangani.

Masalah Seks Wanita

Masalah seks pada wanita dapat terjadi pada salah satu atau lebih komponen fungsi seksual, serta penyebabnya pun juga bermacam-macam. Dengan demikian penanganan atau pengobatan masalah seks tidaklah sama. Untuk pengobatan tergantung pada jenis dan penyebab disfungsi seksual.

Berikut ini, kami akan berikan 4 masalah seksual yang sering dialami oleh wanita.

1. Gangguan Dorongan Seksual

Masalah seks yang sering dialami oleh wanita adalah gangguan dorongan seksual. Jika seorang wanita sudah mengalami gangguan dorongan seksual maka gairah seks menjadi berkurang atau hilang sama sekali. Dalam keadaan ini tentu saja tidak ada keinginan untuk melakukan aktivitas seks termasuk hubungan seksual.

Kalaupun ada keinginan, mungkin sangat rendah dibandingkan sebelumnya, inilah yang disebut dengan hipoaktif. Karena dorongan seks tidak ada atau sangat kurang, maka bangkitan seks juga tidak terjadi . Selain gairah seksualnya terganggu, ereksi klitoris dan perlendiran vagina juga tidak terjadi. Hal inilah yang dapat menyebabkan nyeri saat dipaksakan untuk hubungan seks, perasaan takut dan lain sebagainya.

2. Gangguan Bangkitan Seksual

Istiah ini menunjukan adanya gangguan atau hambatan dalam reaksi organ kelamin terhadap rangsangan seksual yang diterima. Orang yang mengalami gangguan ini masih tetap mempunyai dorongan seksual yang normal. Jadi gangguannya dalam hal reaksi organ kelamin terhadap gairah atau rangsanga seksual.

Wanita yang mengalami gangguan fungsi seksual ini mengalami hambatan dalam perlendiran vagina. jadi perlendiran vagina hanya sedikit atau tidak terjadi sama sekali walaupun merasakan dorongan seksual. Demikian juga dengan ereksi klitoris, tidak terjadi atau terganggu walaupun dorongan seks normal.

3. Gangguan Orgasme

Wanita yang mengalami gangguan orgasme atau hambatan orgasme sangat sulit atau terhambat untuk merasakan orgasme. Tetapi komponen fungsi seks yang lain tidak mengalami gangguan. Jadi dorongan seksual dan bangkitan seksualnya tetap normal, hanya sulit atau terhambat untuk merasakan orgasme.

Cukup banyak wanita yang mengalami masalah gangguan orgasme, salah satu penyebabnya adalah disfungsi seksual dari pihak pria khususnya disfungsi ereksi dan ejakulasi dini. Hal inilah yang membuat wanita susah mengalami orgasme.

4. Gangguan Sakit Seksual

Setiap hubungan seksual yang menimbulkan rasa sakit di organ kelamin disebut dengan dispareunia. Rasa sakit timbul selama melakukan hubungan seks, yang dapat terjadi di vagina dan sekitarnya. Salah satu penyebabnya adalah infeksi atau luka lecet pada kelamin.

Penyebab lain karena perlendiran vagina berkurang atau terhambat, misalnya pada menopouse, atau robekan karena melahirkan yang belum sembuh benar.  Selain itu juga gangguan seks disebut juga dengan vaginismus.

Vaginismus adalah disfungsi seksual yang berupa kontraksi abnormal pada otot vagina sepertiga bagian luar. Akibatnya penis tidak dapat melakukan penetrasi ke dalam vagina sehingga hubungan seks gagal dilakukan. Kalau penetrasi dipaksakan maka wanita bisa merasakan kesakitan saat hubungan seks.

Bukan hanya reaksi seperti itu yang terjadi, bahkan setiap sentuhan pada kelamin mengakibatkan kontraksi terjadi. begitu kuatnya kontraksi sehingga kedua paha juga seolah bergerak menutup. Akan tetapi wanita yang mengalami vaginismus tetap dapat merasakan orgasme karena rangsangan pada bagian tubuh lain, misalnya rangsangan pada payudara atau bagian tubuh lain.

Di antara keempat masalah di atas, bisa saja dialami oleh pasangan kalian atau pada kamu ladies. Jangan ragu untuk menanyakannya. Saat mengalami masalah atau hal yang nggak wajar dalam kehidupan seks, segeralah tangani agar kalian nggak mengalami masalah seks berkepanjangan.