Jendela Informasi Wanita Masa Kini

Apakah Benar Ibu Hamil Dilarang Menggunakan Kosmetik?

Apakah Benar Ibu Hamil Dilarang Menggunakan Kosmetik?

Apakah benar ibu hamil dilarang menggunakan kosmetik – Tidak semua kosmetik berbahaya bagi kehamilan. Nah, mungkin selama ini kamu bingung dengan mitos-mitos di luar sana. Dimana mitos mengatakan ketika hamil dilarang menggunakan kosmetik, karena bisa membuat bayi cacat atau membuat bayi keguguran.

Nah lho, apakah benar demikian? Yuuk kita baca bersama penjelasannya dalam artikel ini. Karena kami dari duniakewanitaan.com akan menjelaskan secara detail mengenai pernyataan tersebut.

Kebenaran Mengenai Penggunaan Kosmetik Bagi Ibu Hamil

Siapa sih yang tidak ingin terlihat cantik walaupun sedang hamil? Semua wanita yang hamil tentunya ingin terlihat selalu cantik dan menarik terutama dihadapan pasangannya. Karena jika wanita hamil tidak cantik, ya jangan salahkan suami ya jika suami mencari wanita yang jauh lebih cantik darinya.

Namun, penggunaan kosmetik biasanya sering ditakuti oleh para ibu hamil. Ya mungkin mereka terbawa mitos masyarakat bahwa penggunaan kosmetik pada waktu hamil sangat berbahaya. Apalagi penggunaan cream wajah dan lipstik atau lotion, dapat berdampak buruk bagi janinnya nanti.

Sebenarnya selama kamu hamil, apapun yang menempel di tubuhmu akan langsung diserap oleh pembuluh darah. Seperti kosmetik, handbody, lotion dan makanan dan minuman. Dan pembuluh darah tersebut akan menyebarkan semua apa yang dia serap ke seluruh tubuhmu termasuk kedalam rahim yang ada janinnya.

Kosmetik Apa Saja Yang Harus Di Hindari Wanita Hamil?

Jika dalam kosmetik yang kamu gunakan mengandung zat-zat yang berbahaya maka dampaknya akan terkena sampai bayimu nanti. Kan kamu tidak tahu secara pasti kandungan apa sajakah yang ada didalam kosmetik yang kamu gunakan, aman atau tidak nantinya.

Oleh karena itu, sebelum kamu membeli kosmetik, alangkah baiknya jika kamu melihat kandungan atau bahan dari kosmetik tersebut. Apakah mengandung zat-zat yang berbahaya dibawah ini :

  • Mengandung merkuri
  • Asam retinoat = Biasanya digunakan untuk pembuat cream pemutih dan obat jerawat
  • Asam salisilat = biasanya digunakan untuk pembuatan handbody pemutih dan obat jerawat
  • PABA = biasanya digunakan untuk tabir surya
  • Hedrokunion = digunakan untuk pemutih kulit

Kelima zat diatas sangat berbahaya bagi janin yang ada didalam perut wanita. Jadi alangkah baiknya, jika kamu ingin terlihat tetap cantik dan menarik, gunakanlah kosmetik yang benar-benar tidak mengandung kelima bahan tersebut. Karena cantik saja tidak akan maksimal jika membiarkan janin terluka.

Kalau dilihat semua kosmetik mengandung zat diatas, namun alangkah baiknya tetap teliti sebelum menggunakan kosmetik ketika sedang hamil. Nah, alangkah baiknya gunakan kosmetik yang berbahan dasar herbal alami. Dimana herbal itu sangat aman dan belum ditemukan efek samping penggunaan kosmetik yang berbahan dasar herbal.

Baik, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk ladies semuanya yang sedang hamil. Semoga dapat bermanfaat, dan tetap sehat selalu untuk ibu dan janin yang dikandung. Salam cantik dari kami duniakewanitaan.com